LPMMInstitut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan (IDIA) menjadi tuan rumah pelaksanaan Workshop sekaligus Sosialisasi (LPM PTKIS). Kegiatan ini tercipta berawal dari inisiatif Lembaga-lembaga perguruan tinggi Islam Se-madura untuk mengadakan Asosiasi khusus dalam hal peningkatan Perguruan Tinggi dengan nama Lembaga Penjamina Mutu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (LPM PTKIS) Cluster Madura. Asosiasi ini di resmikan pada 30 Desember 2015 berdasarkan Surat Keputusan (SK) dari Koordinator Kopertais Wilayah IV No: Un.07/1/PP.00.9/267/Kop.IV/2015. Sekaligus SK Penetapan Pengurus Asosiasi Lembaga Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta Culster Madura  Drs. H. Abdul Halim, M.Pd.I (Instika Guluk-Guluk Sumenep) Sebagai ketua, Wakil Ketua : Supandi, M.Pd.I (Universitas Islam Madura Pamekasan) Sekretaris: Drs. H. Amrullah Umar (Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan Sumenep), Wakil Sekretaris:  Dr, Muhaimin (STAI Syaichona Moh. Cholil Bangkalan) Bendahara : Muhammad Wardi, M.Pd.I,(STAI Nazhatut Thullab Sampang) dan Wakil Bendahara: Syafiqurrahman, M.Pd.I (INSTIKA Guluk-Guluk Sumenep).

LPM 2 copy

Acara yang dibuka langsung secara oleh Rektor IDIA KH. Ghozi Mubarok, MA. ini berlangsung selama dua hari, sabtu-minggu (09/01/16 – 10/01/16) dengan berbagai macam rangkaian acara. Sebagai pembuka, Ir. Rd. Aas Rukasa  dan Prof. H. Sutiman Bambang Sumitro, M.Sc.,DSc mengawali rentetan acara dengan Seminar Kesadaran Cosmic yang bertemakan “Intensifikasi medan biofield serta kontribusinya terhadap peningkatan prestasi” setelah itu, berkisar pukul 13.30 WIB memasuki Sesi I tentang SPMPT/SPMI (Tupoksi kelembagaan dan perundang-undangan) yang diisi oleh Pihak Kopertais wilayah IV Surabaya dan di Moderatoring Fathurrosyid, M.Th.I.(dosen INSTIKA). Dilanjutkan pada pukul 15.15-17.00 Sesi II: Tahapan Implementasi Penajminan Mutu di PT, dan ditutup denga  Sesi III Sharing mutu PTKIS Madura yang di Drs. H. Abd. Halim, M.Pd.I (INSTIKA) dan Drs. H. Amrullah Umar (IDIA).

Memasuki hari kedua, setelah melaksanakan sholat subuh berjama’ah di Masjid Jami’ Al-Amien Prenduan, para peserta dari berbagai LPM PTIS Se-Madura bersama-sama bertandang untuk bersilaturahmi ke kediaman pimpinan dan pengasuh pondok pesantren Al-Amien Prenduan Dr. KH. Ahmad Muhammad Tidjani, MA. Setelah itu, para peserta workshop melaksanakan Senam Kecerdasan bersama Ir. Rd. Aas Rukasa dan Kang Tatat di depan Gedung PUSPAGATRA Al-Amien.

Memasuki sesi  ke IV (akhir), Pada pukul 09.00 WIB dengan tema “Pengembangan standart mutu dan SOP” yang di isi langsung Dr. Ir. Aulia Siti Aisyah, M.T (Ketua LPM di ITS Surabaya) dengan semangat beliua banyak sekali  enyampaikan tahapan-tahapan tentang standar pengembangan kualitas mutu di perguruan tinggi, baik dari kalangan eksternal  terlebih pada kalangan internal, selain itu juga beliau juga banyak menceritakan tentang bagaimana pengalaman beliau menjadi ketua PJM di ITS surabaya.

Dan terakhir, Penjaminan mutu itu harus dilaksanakan secara bersama-sama demi terciptanya pendidikan tinggi di Indonesia yang berkualitas. Seperti yang tertera dalam Undang-Undang Republik Indonesia No 12 Tahun 2012 tentang Sistem Pendidikan Tinggi Pasal 51 bahwa: “Pendidikan Tinggi yang bermutu merupakan pendidikan yang menghasilkan  lulusan yang mampu secara aktif mengembangkan potensinya dan menghasilkan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi yang berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara”. (Red. IDIA)