Imamah yIMAMAHang berarti seorang pemimpin atau imam dalam sholat. Sebelum menjadi imam dalam sholat perlu persiapan yang sesuai dengan sunnah dari Nabi SAW. Salah satu dari sunnah Nabi yaitu fashohah/lancarnya seorang imam dalam membaca ayat al-Quran yang sesuai kaidah tajwid yang benar.

Mengingat pentingnya hal tersebut bagi calon alumni IDIA Prenduan, Panitia Nihai yang notabene bertanggungjawab dalam pembinaan calon alumni mengadakan pengarahan imamah sholat berjama’ah bagi Mahasiswa/i Semester Akhir, atau yang dikenal dengan Nihai, khusus program Intensif dan Plus, selasa malam (02/08/2016). Kegiatan yang diikuti oleh 93 orang, 45 dari program Intensif dan 48 orang dari Program Plus.

Sebelum pengarahan dilaksanakan dilaksanakan pembukaan secara resmi yang diawali dengan pengantar oleh PO. Niha’ie KH. Ja’far Shodiq, MM. Kemudian acara dibuka secara resmi oleh Rektor IDIA Prenduan, KH. Ghozi Mubarok, MA pada pukul 19.43 WIB. Dan dilanjutkan dengan sessi tentang Pengarahan Imamah Sholat berjama’ah oleh KH. Bastomi Tibyan, M.Pd.I. dalam sessi ini disampaikan syarat-syarat menjadi seorang imam sholat, dan hal-hal lain yang melingkupinya.

Sessi ke II tentang Shihatul Qiro’ah Wal Aqwal (Dzikir, Wirid, Surat dan Ayat) dan Shihatul Harokah wal Hai’at dalam Sholat Rabu, (03/08/16). diagendakan KH. Marzuqi Ma’ruf, Lc selaku pembina materi ini. Sessi yang dibina oleh Ketua Yayasan Al-Amien Prenduan ini, diharapkan bisa menggembleng calon alumni IDIA Prenduan dalam bidang qiroah sholat dan setelahnya.

sholat_jamaah_pakarfisikaKegiatan ini masih akan berlanjut pada Kamis-Jum’at 04-05 Agustus 2016, dengan sessi  Praktek Imamah Sholat Berjama’ah di kediaman musyrif masing-masing. Dalam praktek ini mahasiswa putra dibagi menjadi lima kelompok dan enam kelompok untuk putri.

Kemudia pada Sabtu-Jum’at 06-12 akan dilaksanakan Ujian Imamah Sholat Berjama’ah diasrama masing-masing. Dan pada Sabtu, 13 Agustus 2016 akan diumumkan  mahasiswa/i yang lulus dalam kegiatan tersebut, dan layak menjadi imam sholat di lingkungan IDIA Prenduan.

Dalam prakteknya nanti, mahasiswa senior diberi kesempatan untuk menjadi imam dalam beberapa sholat wajib, seperti shola Dzuhur, Ashar dan Isya di lingkungan IDIA Prenduan.