Salah satu kegiatan yawhatsapp-image-2016-10-09-at-12-40-17ng harus dijalani oleh mahasiswa semester akhir sebelum kelulusan adalah praktek mengajar atau yang biasa disebut dengan Amaliah Tadris. Dalam kegiatan ini seluruh mahasiwa/i fakultas tarbiyah semester akhir wajib mengikuti praktek mengajar di kelas 1 atau 2 SMP di Tarbiyatul Mu’allimin al-Islamiyah (TMI) dan Ma’had Tahfidzul Qur’an (MTA) Al-Amien Prenduan. Tujuan dari kegiatan ini bukanlah hanya untuk mencetak guru, melainkan untuk memberi keterampilan dalam hal ini keterampilan mengajar. Kelak keterampilan ini akan sangat berguna setelah mereka meninggalkan pesantren/kampus, di mana setiap alumni akan berhadapan langsung dengan manyarakat. Acara ini akan berlangsung selama empat hari dari hari Ahad, 09-12 Oktober 2016 dengan jumlah peserta 160 orang mahasiswa/i semester akhir fakultas tarbiyah dan program Intensif.

Sebelum kegiatan ini dilakukan, tentu saja para mahasiswa/i ini telah memperoleh pelajaran tentang pendidikan di kelas. Selain itu mereka juga mendapat bimbingan khusus sebelum pelaksanaan Amaliah Tadris ini. Mahasiswa/i dibagi menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 8-9 orang dengan dua orang pembimbing. Tahun ini mereka terbagi menjadi 21 kelompok dengan 7 kelompok putra dan 14 kelompok putri.

Mata pelajaran yang termasuk dalam Amaliah Tadris adalah Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Imla, Fiqh, Nahwu, Mutholaah, Tarikh Islam, Tauhid, B. Indonesia  Matermatika, Ekonomi, Geografi, Fisika dan Hadits. Kelas yang diajar adalah kelas 1 SMP, 2 SMP, dan 1 Intensif. Sedangkan para pembimbing tahun ini adalah KH. Mujammi’ Abdul Musyfie, Lc., KH. Moh. Fikri Husain, MA.,  Dr. Fattah Syamsuddin, MA., Drs. Fathul Mu’in, Ust. Thoha Ma’mun, Sos.I dan Ust Abdul Mu’iz, M.Th.I.,  KH. Ja’far Shodiq, MM