IDIA Prenduan-Sebagai kampus yang memiliki visi membentuk karakter unggul, IDIA Prenduan secara istiqamah terus melaksanakan kegiatan yang membantu realisasi visi tersebut. Salah satunya adalah praktik Imamah.

Praktik yang diadakan Senin (24/07/17) ini merupakan program tahunan bagi mahasiswa semester akhir IDIA Prenduan, untuk memberikan pengarahan dan pendidikan tentang shalat, khususnya dalam praktik menjadi imam.

Dengan kegiatan ini, KH. Drs. Jakfar Shodiq, MM. selaku project officer berharap agar “mahasiswa IDIA Prenduan harus siap menjadi pemimpin dan menjadi imam dalam segala bidang, bukan hanya menjadi imam mushola, imam masjid, tetapi juga menjadi imam negara yang sempurna.”

Pada sesi pertama, mudir ma’had lil banin memberi pengarahan tentang imamah shalat berjamaah dan wudhu, dilanjutkan dengan praktik.

Ustadz Fahmi Fattah, S. Sos.I selaku pemateri pada sesi kedua memberikan pengarahan tentang shihhatul qiro’at wal aqwal (dzikir, surat, dan ayat) dan shihatul harokat wal-ha’iat dalam shalat secara lengkap dengan disertai praktik, sebagaimana pada sesi pertama.

Dihubungi dalam kesempatan yang berbeda, panitia berharap dengan diadakannya acara ini, mahasiswa bisa berkembang serta bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitar. Selain itu,  agar dapat menjadi alat bagi mahasiswa untuk menerapkan ilmu yang telah dipelajari di bangku kuliah saat mereka kembali dan pulang ke masyarakat.

Praktik imamah ini, tidak hanya berhenti pada materi tetapi juga mensyaratkan mahasiswa semeseter akhir program intensif dan plus, untuk menyetor hafalan surat-surat pendek ke musyrif masing-masing, yang akan berlangsung dari tanggal 25-31 Juli 2017.

MUA/PASS/ANM