LAPAS Pamekasan Apresiasi PKL Mahasiswa-mahasiswi BPI IDIA

Kawan-kawan BPI bersama NAPI saat PKL di Lapas Kabupaten Pamekasan

Kawan-kawan BPI bersama NAPI saat PKL di Lapas Kabupaten Pamekasan

 

“Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pamekasan menawarkan kerjasama dengan Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan dalam membangun Lapas berbasis pesantren.” Ungkap Kaprodi Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI), Moh. Maqbul Mawardi, S.Psi., M.PSDM.

Pada Jum’at, 6 Oktober 2017. Mahasiswa-mahasiswi program studi Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI) IDIA Prenduan mengadakan Praktek Kerja Lapang (PKL) di Lapas Pamekasan yang terletak di Jl. Letnan Maksum, Jungcangcang, kecamatan Pamekasan, Lawangan Daya, Pandemawu, Kabupaten Pamekasan. Tujuan diadakannya PKL ini dalam rangka mengaplikasikan keilmuan yang mereka peroleh di bangku kuliyah. Acara ini langsung dikomandoi oleh Kaprodi BPI sendiri, Moh. Maqbul Mawardi, S.Psi. M.PDSM, Achmad Faesol, M.Si., dan Audit LPM Baharuddin Pakuwinata. Beliau juga termasuk salah satu dosen BPI. Peserta yang hadir berjumlah 15 orang, 9 mahasiswa dan 6 mahasiswi. Mereka adalah mahasiswa-mahasiswi semester VII.

“Acara ini berlangsung selama empat minggu dan dilaksanakan setiap hari jum’at.” Kata Kaprodi BPI saat ngobrol dengan staff LP2M, Abd. Khaliq.

Lapas sendiri adalah tempat penampungan para narapidana (NAPI) yang berlokasi di Kabupaten Pamekasan. Jika mendengar kata “Narapidana” saja tentunya sudah bikin merinding. Namun, para mahasiswa-mahasiswi BPI ini tetap mengokohkan tekadnya untuk melaksanakan agenda yang mereka susun diantaranya, bimbingan konseling dengan para resident, Learning Qur’an, program hidup sehat dengan olahraga yang dikemas dalam prlombaan seperti tenis meja, futsal mini, dan bilyard. “Dengan adanya program-program itu, nampaknya antusias resident saat itu sangat luar biasa.” Kata salah satu pesrta PKL, Nurhadi Irawan.

Selama 4 minggu, mereka menjadi konselor para resident. Dan beberapa diantaranya berhasil dan mendapatkan respon positif dari kliennya.

“Mereka sukses dalam menjalankan konselingnya. Beberapa diantaranya sudah berhasil membuat kliennya insaf.” Sambung Kaprodi BPI kelahiran Probolinggo ini.

Praktek Kerja Lapang (PKL) yang dilakukan Program Studi Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Dakwah ini berakhir pada 10 November 2017. Program ini mendapat apresiasi dari Ketua Lapas Kabupaten Pamekasan. Bahkan diminta untuk kerjasama dalam membangun Lapas berbasis pesantren. read

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 12/11/17 Warta IDIA

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *