Setelah Sukses Menyelenggrakan Raker, IDIA Sosialisasikan SPMI kepada Sivitas Akademika

raker“One Team One Vision untuk IDIA Bermutu” adalah tema yang diusung dalam Rapat Kerja IDIA tahun akademik 2018-2019. Rapat kerja yang berlangsung selama tiga hari (25-27/7/18) di Pondok Pesantren Mathlabul Ulum Jambu Kec. Lenteng Sumenep ini, merupakan respon positif Lembaga Penjaminan Mutu IDIA Prenduan terhadap upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan perguruan tinggi di Indonesia, sesuai dengan Undang-undang No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Permendikbud No. 50 Tahun 2014 tentang Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi dan Permenristekdikti No. 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan dan Pengelolaan Perguruan Tinggi serta Permenristekdikti No. 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, dan Permenristekdikti No. 62 Tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi.

IMG-20180912-WA0048Dalam sambutannya, Rektor IDIA, Dr. KH. Ghozi Mubarok, MA. menyampaikan bahwa apa yang dikerjakan oleh peserta Raker kali ini merupakan kerja-kerja konseptual yang harus dilakukan. Lebih lanjut, Doktor Tafsir Hadis ini menuturkan bahwa apa yang akan dilakukan selama tiga hari kedepan merupakan salah satu usaha menjadikan IDIA sebagai perguruan tinggi yang bermutu.

Target Raker kali ini adalah menghasilkan Dokumen Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) IDIA, sebagai bentuk konkret dari penjaminan mutu pendidikan. Penjaminan mutu ini bertujuan untuk memenuhi atau melebihi ketercapaian standar minimal penyelenggaraan dan pengelolaan pendidikan tinggi.

LPM sebagai Penanggungjawab Raker melalyu Ust. Bakhruddin Pakuwinata memaparkan pentingnya implementasi SPMI di perguruan tinggi. Menurutnya, SPMI dapat mengawal, mengendalikan dan menjamin proses penyelenggaraan pendidikan dalam mewujudan visi, melaksanakan misi dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan.IMG_20180920_051559

“Manajemen implementasi SPMI dilakukan melalui 5 (lima) tahap yakni, penetapan mutu, pelaksanaan mutu, evaluasi mutu, pengendalian mutu, dan peningkatan mutu. Dan acara kita sekarang ini, merupakan bagian dari tahapan pertama dalam manajemen implementasi SPMI” Pungkas pria kelahiran Cirebon ini.

Tidak perlu menunggu lama IDIA untuk mensosialiasikan SPMI yang telah disahkan oleh Rektor. Pasalnya, pada Rabu, (12/9/18) dilaksanakan Sosialisasi implementasi SPMI kepada seluruh sivitas akademika IDIA, dari level Rektorat, tenaga kependidikan dan tenaga kependidikan

Kegiatan yang digelar di Mini Hall RASDA diawali dengan sambutan Rektor yang menyebutkan bahwa SPMI merupakan alat bantu bagi IDIA untuk mencapai visi misi yang sudah digariskan dalam Statuta IDIA. Wakil Pimpinan Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan ini berharap setelah SPMI disosialiasikan, harus diambil langkah-langkah kongkret dari masing-masing satuan kerja sesuai apa yang sudah disepakati dalam dokumen SPMI.

Kegiatan berlanjut dengan presesntasi oleh Ketua LPM, Ust. Ahmadi, M.Ag tentang regulasi SPMI yang harus dilakukan oleh IDIA. Setelah presentasi dilakukan dialog bersama peserta. Satu hal yang menarik adalah pertanyaan dari peserta tentang kesiapan Bagian Keuangan untuk memback-up implementasi SPMI ini.IMG_20180912_115706

“Memang dalam Raker di Jambu kemarin, IDIA sudah merampungkan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja. Sehingga SPMI ini sudah ada jaminan anggaran dari IDIA. Saat ini kita menunggu perencaan kegiatan dari masing-masing satuan kerja lengkap dengan anggaran yang dibutuhkan.” Jawab KH. Ridlo Sudianto, M.Si, selaku Wakil Rektor II IDIA.

Diakhir kegiatan LPM meminta kepada Rektor IDIA untuk memberikan clossing statement, dilanjutkan dengan penyerahan dokumen SPMI kepada Rektor dan diakhir dengan penandatangan komitmen menjalankan SPMI yang diawali oleh Rektor.

“Semoga apa yang kita lakukan ini merupakan i’tikad baik yang dicatat sebagai amal ibadah serta diridloi oleh Allah. Saya selaku Rektor IDIA akan mengawali penandatangan pernyataan komitmen menjalankan SPMI. Dan saya harapkan kepada para pimpinan IDIA yang lain serta penanggungjawab kegiatan IDIA, juga menandatangani dokumen ini. Bismillah” Tutup Kiai kelahiran tahun 1980 ini.

Setelah mengucap basmalah Rektor menandatangani dokumen sebagai bentuk kesiapan dan dukungan konkret dalam implementasi SPMI di IDIA, yang diikuti oleh para Wakil Rektor, Dekan, Kepala-kepala Biro, Ka. Prodi, dan sivitas akademika lainnya.

Sekretaris IDIA 20/09/18 Warta IDIA

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *