Dosen IDIA Prenduan Berikan Stimulus Kepada Guru-Guru Bahasa Arab

PBA IDIA

Sumenep-Dosen Program Studi Bahasa Arab IDIA Prenduan kenalkan berikan stimulus dan arahan metode pengajaran bahasa arab dalam acara “Fun and Active Teaching Methode” yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Bahasa Asing (LPBA) Yayasan Pondok Pesantren Nurul Islam Karangcempaka Kecamatan Bluto, Kabupaten Sumenep, Jumat (18/01/2019).

Selama workshop berlangsung, Ainul Yaqin, M.Pd.I. memberikan gambaran tentang permasalahan pendidikan bahasa asing di lembaga pendidikan, mulai dari penempatan guru yang tidak berkompeten dalam bidang bahasa, jam pembelajaran yang sangat singkat, dan permasalahan yang cenderung selalu ada yaitu siswa yang malas belajar bahasa asing.

“Tentunya ini semua berawal dari permasalahan-permasalahan pembelajaran yang sering menjadi kendala, salah satunya sikap malas siswa dalam belajar bahasa asing.” Jelas dosen yang sekaligus menjabat sekretaris Prodi PBA ini.

Selain itu, menurutnya awal pembelajaran bahasa asing yang baik serta menarik, berawal dari seberapa mengerti seseorang tentang landasan struktural dan landasan psikologi seorang anak didik.

Selama acara berlangsung, Ainul Yaqin memberikan banyak stimulus kepada peserta workshop bagaimana melakukan PAIKEM (pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan).  Sehingga empat keterampilan berbahasa yaitu keterampilan membaca, menulis, berbicara, menyimak dapat dikuasai. (ASAD/AJMI)

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 25/01/19 Warta IDIA

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *