156 views

Tiga Dosen IDIA Sampaikan Makalah Ilmiah dalam Seminar Internasional di Brunei Darussalam

Screenshot_2019-08-15_21-37-01

IDIA Prenduan kembali mendapat kepercayaan untuk ikut serta dalam seminar Internasional. Kali ini diwakili oleh tiga dosen yang hadir sebagai narasumber dalam Seminar Internasional On Aqidah Understanding and Current Thoughts, yang diselenggarakan oleh  Kolej Universiti Perguruan Ugama Seri Begawan (KUPU SB), Brunei Darussalam, (14-15/08/2019).

Ketiga Dosen IDIA tersebut adalah Dr. H. Fattah Syamsuddin, MA, H. Moh. Hamzah Arsa, M.Pd. dan Ach. Nurholis Majid, M.Pd. Ketiga dosen IDIA ini terpilih setelah melalui proses seleksi atas naskah yang dikirim kepada panitia.

Dalam kesempatan ini, Dr. H. Moh. Fattah Syamsuddin, MA menyampaikan makalah ilmiah berjudul “Sistematika Dakwah dalam Aliran ASWAJA dan Syiah: Kajian Teks-teks Hadis Tematik dan Kesahihannya”. Sedangkan Ach. Nurholis Majid mempresentasikan makalah “Pendidikan Sosial Keagamaan Masyarakat Madura dalam Tradisi Tengka”, serta yang terakhir H. Moh. Hamzah Arsa, M.Pd memaparkan tentang “Peran Pesantren dalam Melestarikan Paham Ahlussunnah Wal Jamaah di Indonesia.”

Seminar internasional ini dibuka oleh Menteri Hal Ehwal Ugama (Menteri Agama, red), Negara Brunei Darussalam, Pehin Udana Khatib Dato Paduka Seri Setia Ustaz Haji Awang Badaruddin bin Pengarah Dato Paduka Haji Awang Othman. Hadir dalam Seminar tersebut narasumber dari kalangan akademisi, intelektual, pakar dari berbagai negara. Di antaranya, Malaysia, Indonesia, Mesir, Mali dan Brunei Darussalam sendiri.

“Ini adalah salah satu usaha kita merespon harapan Rektor IDIA agar IDIA menjadi kampus literasi yang menjadi barometer ilmiah di Madura dan bahkan Indonesia,” ungkap Ach. Nurholis Majid selaku Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarat (LP2M) IDIA, yang hadir sebagai narasumber dalam seminar tersebut.

WhatsApp Image 2019-08-15 at 20.53.28Dalam kesempatan tersebut rombongan dosen IDIA juga berkesempatan silaturrahim kepada Rektor KUPU SB, Dr. Haji Adanan bin Haji Basar, dalam rangka menindaklanjuti LoI (Letter of Intent) yang sudah ditandatangani sebelumnya. Beliau menyambut baik rencana penandatangan MoU (Memorandum of Understanding) antara IDIA Prenduan dan KUPU SB yang disampaikan Dr. H. Fattah Syamsuddin, M.A.

“Insya Allah Oktober ini akan ada penandatangan MoU disaksikan Sultan Brunei Darussalam. Semoga kedua perguruan tinggi ini segera memantapkan segala rencana yang telah dicanangkan,” ungkap Dr. Fattah, Dekan Fakultas Dakwah IDIA yang juga menjadi ketua rombongan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.