arab

Mahasiswa Membaca Ibarah di Belakang Gedung Rektorat

Dalam rangka memperingati hari bahasa Arab sedunia, 18 Desember 2019, Program Studi Bahasa Arab IDIA Prenduan menggelar “Maqhal Arab” (Café Arab) pada Senin, (18/12). Salah satu tujuannya, untuk menciptakan atmosfer bahasa Arab dengan kegiatan yang santai dan menyenangkan.

“Nama “Maqhal Arab” ini dipilih, karena biasanya ide, imajinasi, gagasan-gagasan segar muncul dari  ruang bernama café,” ungkap Dewi Nurhayati, M.Pd. “Penginnya sih, acara ini santai, bersahabat, namun tumbuh hebat dan serius,” imbuhnya.

Sebagai mahasiswa PBA, Siti Maimunah menyatakan bahwa acara ini, walaupun diselenggarakan sehari, tetapi sudah mendongkrak kekompakan seluruh mahasiswa PBA serta memotivasi seluruh mahasiswa IDIA Prenduan untuk sadar berbahasa Arab.

Menurut Ketua Prodi PBA, Ainul Yakin, M.Pd., kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi berorganisasi dan berbahasa Arab. “Karena itu, beberapa agenda yang dilaksanakan adalah pidato bahasa Arab, Musikalisasi Puisi Bahasa Arab, Drama Bahasa Arab, dan Diskusi Bahasa Arab,” Ucapnya dalam sambutan pembukaan acara.

Acara Pembukaan Maqhal Arab di Loka Nalar Sehat

 

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Himaprodi PBA ini, tidak hanya sekedar kegiatan dalam pementasan, tetapi juga memasifkan slogan-slogan dan kosa kata bahasa Arab di tempat-tempat strategis.

“Himaprodi ini digerakkan dalam acara Maqhal Arab, agara mereka memiliki pengalaman manajerial, minimal dalam rangka perencanaan, pengoranisasian, sampai evaluasi acara

Diskusi Bahasa Arab Mahasiswa PBA di Depan Gedung Rektorat