Gontor, FEBI IDIA (07/09/2020) Sesaat setelah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU),  Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam  (FEBI) IDIA – Fakultas Ekonomi Manajemen (FEM) UNIDA Gontor menindaklanjutinya dengan mengadakan Focus Group Discussion (FGD) guna mengkaji titik temu program kegiatan yang dapat dikerjakan bersama dalam tahun 2020 ini.

FGD tersebut dilaksanakan di ruang rapat gedung Centre For Islamic Economics Studies (CIES) UNIDA dan dihadiri oleh Dekan FEBI IDIA Dr. KH. Holilur Rahman, MHI., Dekan FEM UNIDA Dr. Khairul Umam, MEc. Dan seluruh  jajaran Dekanat, Program studi Ekonomi Islam dan program studi Akuntansi Syariah dan akademika di lingkungan FEM UNIDA

Acara FGD dipandu langsung oleh dekan FEM UNIDA Dr. Khairul Umam M.Ec. Beliau menyampaikan perihal kerjasama yang dapat dilaksanakan bukan lagi yang akan dilaksanakan. Pengalaman FEM UNIDA dalam MoA dengan  International Islamic University Malaysia (IIUM) di Malaysia dan Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) dapat memudahkan FGD dalam menghasilkan MOA dengan FEBI IDIA.

Dekan FEBI IDIA Dr. KH. Holilur Rahman, MHI turut serta memberikan perspektif bahwa dalam ekonomi terdapat prinsip efektifitas yang seirama dengan kaidah fiqhiyyah al-masyaqqah tajlib al-taysir (kesulitan dapat dihilangkan dengan kemudahan). Dengan semakin detail dan terukur tuntutan dalam akreditasi standar Sembilan, tidak mungkin satu fakultas dapat meraih nilai yang terbaik tanpa adanya kolaborasi. Karena dengan kolaborasi tersebut dapat memudahkan mencapai semua tuntutan Badan Akreditasi Nasional  Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Keseriusan dalam FGD tersebut dapat menghasilkan Memorandum of Agreement (MoA). Adapun bentuk pelaksanaan kerjasamanya berupa publikasi dan penelitian. Pertama, Dalam hal ini pertukaran publikasi jurnal, masing-masing fakultas dapat mengirimkan artikel jurnal untuk saling mempublikasikan.  Kedua, webinar mingguan mahasiswa. Dalam webinar ini akan diisi oleh pemateri dari masing-masing fakultas secara bergantian.

Dengan adanya MoA tersebut masing-masing Dekan dari kedua fakultas berkomitmen akan membentuk satuan tugas (satgas) dari dua program yang sudah disepakati. Dengan demikian MoA dapat segera terlaksana dengan lancar dan dapat dievaluasi secara menyeluruh.

Sumber: http://febi.idia.ac.id/2020/09/07/febi-idia-dan-unida-gontor-resmi-jalin-kerja-sama/