PRENDUAN, Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam  Fakultas Dakwah IDIA Prenduan melaksanakan praktek dakwah secara langsung ke masyarakat yang bertempat di Masjid Al- Islah kampung Beringin  desa Aeng Panas, Senin (28/09).

        Kegiatan praktek dakwah tersebut merupakan bagian dari tugas akhir yang diberikan oleh Ust. Rosidi, M. Sos,  selaku dosen pengampuh mata kuliah Tekhnik Khitobah. Kegiatan praktek dakwah ini dilaksanakan oleh mahasiswa  jurusan KPI semester V. dalam pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan secara bertahap. Tahap pertama dilaksanakan oleh saudara Moh. Yasin dan Muh. Heriadi, tahap kedua dilaksanakan oleh saudara Hafidz dan Dedi Saputra , dan disusul oleh tahap ketiga yakni saudara Ubaidillah Hiro’i. Pelaksanaan praktek dakwah ini dibagi  pada dua tempat yakni masjid Al-Islah dan musholla  kampung Beringin desa Aeng Panas.

    Dilaksanakannya kegiatan ini tidak hanya sebatas praktek saja, namun kegaiatan ini sekaligus  menjadi momen silaturrahmi mahasiswa dengan masyarakat. Seluruh mahasiswa merasa senang bisa secara langsung menyampaikan cermah kepada masyarakat, apalagi masyarakat antusias mendengarkan isi ceramah yang disampaikan oleh mahasiswa. Salah seorang mahasiswa mengakui sebelum dia terjun kemasyarakat sempat merasa gemetaran dan tidak percaya diri, tapi setelah di depan masyarakat semua itu tidak ada lagi. “Awalnya saya merasa gemetar dan ragu karena harus ceramah di depan masyarakat, tapi setelah saya di depan, Alhamdulillah rasa gemetar dan ragu itu tidak ada.  Ditambah lagi dengan antusias masyarakat dalam mendengarkan isi ceramah yang saya samapiakan. Jadinya saya tambah percaya diri” Ujar Moh. Yasin salah seorang peserta praktek dakwah.

    Terlaksananya kegiatan ini memberikan banyak pelajaran dan pengalaman  kepada mahasiswa, terutama bagi mahasiswa KPI yang  identitasnya sebagai seorang komunikator. Mereka berharap kegiatan praktek ini rutin diadakan setiap tahunnya, karena kegitan ini sekaligus melatih mental mahasiswa dalam berceramah ataupun berdakwah. “saya berharap kegiatan ini terus ada setiap tahunnya, karena kegiatan ini tidak hanya sebatas tugas bagi kami, namun kegiatan ini juga melatih mental kami dalam menyampaikan ceramah di tengah masyarakat. Tidak hanya itu kami juga bisa bersilaturrahmi dengan masyarakat. Sehingga kami sebagai mahasiswa tidak hanya bisa menerima teori namun kami juga dapat memperaktekan teori tersebut dengan terjun langsung ke tengah masyarakat” Ujar salah satu mahasiswa KPI semester V. (Hrd)

Sumber: https://kpiidiaprenduan.blogspot.com/2020/09/informasi-penuhi-tugas-akhir-mahasiswa.html