SUMENEP – IDIA Prenduan meraih penghargaan sebagai nomine Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) dengan Inovasi Layanan Rintisan Smart Campus 2020. Penghargaan itu diterima dari Kementerian Agama Republik Indonesia, Rabu (30/12). Kategori tersebut meliputi peniliaian sistem layanan seleksi mahasiswa, layanan rencana studi, bimbingan, ujian dan penilaian, serta pembelajaran online.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Kemenag RI, Suyitno mengatakan, Apresiasi Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Adiktis) merupakan penghargaan dan rekognisi pemerintah terhadap capaian dan usaha keras Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) di tingkat institusi.

Dikutip dari laman kemenag.go.id (29/12), Deputi Pendidikan dan Agama Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Agus Sartono menyatakan, penghargaan ini ditujukan untuk meningkatkan kapasitas sivitas akademika sekaligus perbaikan tata kelola perguruan tinggi Islam yang disertai dengan governance pengelolaan PTKI.

”Kami ucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada seluruh civitas akademica IDIA Prenduan yang telah memberikan sumbangsih besar dalam membangun dan mengembangkan sistem di IDIA,” ucap Rektor IDIA Prenduan KH Dr Ghozi Mubarok, M.A. dalam keterangan tertulis yang diterima RadarMadura.id (30/12).

Ghozi mengatakan, penghargaan ini merupakan tantangan bagi IDIA Prenduan untuk selalu meningkatkan sistem pengelolaan yang ramah, efektif dan efisien. Selain sistem, lanjutnya, komitmen civitas akademica untuk menjalankan sistem menjadi sesuatu yang tidak kalah penting.

”Kita perlu menjadikan penghargaan ini sebagai salah satu motivasi pengembangan, bukan momentum euforia,” tegasnya.

Dalam penghargaan tersebut, setidaknya ada 15 kategori. Yakni PTKI BLU Terbaik, PTKI dengan Pelaporan PD Dikti Terbaik, PTKI dengan Tatakelola SBSN Terbaik 5 Tahun Terakhir, PTKI dengan Skor Green Campus Tertinggi, PTKIS dengan Inovasi Layanan Rintisan Smart Campus, PTKI dengan Predikat WBK, PTKI dengan Perpustakaan Berjejaring Internasional, PTKI dengan Persentase Akreditasi Prodi A/Unggul Terbanyak, PTKI dengan Prodi Bersertifikat AUN-QA Terbanyak,  PTKI dengan Profesor Terbanyak, PTKI dengan Mahasiswa Asing Terbanyak, PTKI dengan Mahasiswa Berprestasi Internasional Terbanyak, PTKI dengan Pemilik Hak Kekayaan Intelektual (HaKI) Terbanyak, PTKI Pemilik Jurnal Bereputasi Terbanyak. (*/luq)

(mr/*/yan/JPR)

Sumber: https://radarmadura.jawapos.com/read/2020/12/31/233029/idia-prenduan-raih-penghargaan-adiktis-2020