Program Intensif

Program Intesif adalah program unggulan kampus Putih IDIA Prenduan yang pada tataran aplikasinya senantiasa berupaya merealisasikan system pendidikan perguruan tinggi yang islami sehingga sangat cocok bagi para alumni MA/SLTA/ Se-Derajat ataupun pondok pesantren yang berhasrat nyantri sekaligus kuliah. Ragam kegiatan program ini dioptimalkan untuk membentuk dan menjadikan mahasiswa/i-nya sebagai mahasantri yang cerdas secara spiritual, emosional dan intelektual serta memiliki pengetahuan keorganisasian dan teknologi. Program ini memiliki beberapa kualifikasi yang ditonjolkan, diantaranya yaitu:

PERKULIAHAN

  • Kuliah kepondokan: yaitu perkuliahan ynag didalamnya memuat berbagai mata kuliah wajib pondok (Al-Qur’an dan Tafsir, Hadits, Fikih Nahwu,Shorof, Balghah, kitab Kuning, Grammar, Conversation, dll). Perkuliahan dini diampu oleh para kiai dan asatidz lulusan luar dan dalam negeri dengan bahasa pengantar wajib yang digunakan bahasa Arab dan Inggris.
  • Kuliah Fakultas : yaitu perkyliahan untuk jenjang Strata Satu (S1) dengan mata kuliah sesuaiProgram Studi yang diampu oleh dosen-dosen yang berkompeten dibidangnya.

JENJANG

Masa Perkuliahn adalah 4 tahun (S1) dan selanjutnya mahasantri diwajibkan menjalani pengabdian selam satu tahun di lembaga-lembaga tertentu yang bertujuan untuk mengplementasikan keilmuan dan teori-teori yang sudah didapat selama kuliah, sebelumnya nanti benar-benar terjun ke tengah masyarakat.

KEGIATAN-KEGIATAN

  • Pengambangan Bahasa Arab, Inggri dan Kajian keilmuan

Adalah dengan mengimplementasikan bilingual (Bahasa Arab-Bahasa Inggris) dalam bahasa komunikasi baik dalam perkuliahan maupun keseharian. Selain pengembangan bahasa mahasantri juga dituntut keilmuan, seni dan lainnya.

  • Pelatihan kepemimpinan dan Manegement (PKM)

Adalah kegaiatan mahasantri sebagai salah satu syarat sebelum menjabat sebagai pengurus organisasi. Di dalamnya memuat ilmu-ilmu kepemimpinan dana menejemen sebagai modal untuk mengemban amanah kepengurusan

  • Keorganisasian (UKM & BEM)

Adalah salah satu kegiatan penunjang yang sangat urgent di program Intensif.  Karena selain meningkatkan kemampuan skill non akademis mahasantri khususnya, kegiatan ini sebagi wadah penyalus aspirasi, minat dan bakat mahasiswa umumnya.

  • Kegiatan Niha’ie

Adalah kegiatan yang khusus untuk mahasantri semester akhir sebagai persyaratan untuk mengikuti prestasi wisuda. Kegiatan ini meliputi banayak aspek keilmuan yang terangkum dalam beberapa kegiatan. Diantaranya: Ramadhan In Campus, Pelatihan Imamah, Amaliah Tadries, Khutbath Jum’at dan Ceramah Aganma, Fathuh Kutub, Rihla Tazkiyah, dll.