Selamat Datang

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

IDIA (Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan) adalah perguruan tinggi Islam berbasis pondok pesantren yang mengintegrasikan antara nilai-nilai dan sistem akademis perguruan tinggi pada umumnya dengan nilai-nilai dan sistem kepesantrenan. Secara historis, IDIA barangkali termasuk salah satu perguruan tinggi pertama di Indonesia yang memberlakukan sistem asrama penuh ala pesantren bagi sebagian mahasiswanya. Sampai sekarang, sistem tersebut masih diberlakukan di IDIA, dikenal dengan Program Intensif atau Pesantren Mahasiswa, dan terus dikembangkan secara simultan untuk menjadi program unggulan bagi para mahasiswa.

Selain itu, masih dalam bingkai tradisi kepesantrenan, IDIA menjadikan tafaqquh fid-din sebagai orientasi dan ruh bagi seluruh aktivitas akademiknya. Sistem pembelajaran dan iklim akademis di IDIA didesain sedemikian rupa agar para dosen, mahasiswa, dan segenap sivitas akademika di IDIA berhasil mengembangkan ilmu pengetahuan serta menghasilkan karya-karya ilmiah-aplikatif dalam ilmu-ilmu keislaman di berbagai bidangnya. Dengan tradisi yang islami, ‘ilmi, sekaligus ma‘hadi itu, IDIA akan terus berproses menjadi perguruan tinggi terkemuka dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan pembinaan karakter unggul berlandaskan prinsip-prinsip iman sempurna, ilmu luas, dan amal sejati.

Informasi lebih lanjut tentang IDIA dapat Anda peroleh dalam laman-laman di situs ini. Terima kasih atas kunjungan Anda. Kritik dan saran terus kami harapkan demi kemajuan perguruan tinggi ini. Semoga Allah SWT senantiasa membimbing dan menguatkan kita. Amin. Selamat datang di IDIA!

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.