Mulai tahun 2020, IDIA meluncurkan sistem informasi akademik terpadu (SIMASTER). Berikut beberapa kegiatan dosen di https://simaster.al-amien.ac.id/:

1. Login ke SIMASTER
Dosen masuk ke SIMASTER menggunakan akun dan kata sandi yang sudah ditentukan.
1

Setelah akun diterima, maka akan muncul tampilan berikut:
2

2. Melakukan Edit Data Induk
Data yang disimpan di SIMASTER saat ini masih data dasar sederhana. Dosen diharapkan menambahkan dan mengedit data yang tersedia. Jika ada kolom isian yang tidak bisa dijawab, dosen diperkenankan untuk mengosonginya. Selain itu, dosen juga bisa menambahkan foto setengah badan untuk melengkapi profil dosen. Untuk melakukan kegiatan ini dosen bisa mengklik foto profil di pojok kanan atas laptop/ponsel pintar.
3

Pada kegiatan ini dosen juga diperkenankan mengubah passwordnya.

3. Melihat Jadwal Perkuliahan
Dosen bisa melihat jadwal perkuliahan yang sudah ditentukan oleh Prodi. Dengan cara meklik menu perkuliahan dan memilih jadwal kuliah. Maka akan tampil tampilan berikut:
4

4. Entri Dokumen Pendukung Pengajaran
Dosen harus melengkapi dokumen pendukung pengajaran berupa:
a. Rencana Pembelajaran Semester (RPS)
b. Rencana Pembelajaran Mingguan
c. Kontrak Kuliah
d. Perencanaan Tugas Kuliah
e. Perencanaan Penilaian
f. Soal UAS
5

5. Input Nilai Mahasiswa
Pada akhir semester dosen melakukan input nilai setelah mengisi angket/survey untuk peningkatan mutu IDIA. Untuk mengimput nilai, dosen cukup memilih matakuliah yang diajarkan.
6

Kolom input nilai bisa diisi dari angka 0-100. Setelah diisi dosen bisa menyimpan secara permanen atau simpan draft. Ini perlu diperhatikan.
6a
Jika simpan permanen dosen tidak bisa mengedit lagi nilai yang sudah diisi. Nilai sudah bisa dilihat oleh mahasiswa dan dosen sudah bisa mencetak berita nilai untuk dikumpulkan ke Prodi sebagai bukti hardcopy nilai mahasiswa.
Jika simpan draft dosen masih bisa mengedit, tidak bisa cetak berita acara nilai, mahasiswa belum bisa melihat nilai

6. Validasi KRS Mahasiswa
Bagi dosen yang mendapat tugas sebagai dosen wali atau pembimbing akademik memencet menu bimbingan akademik. Maka akan muncul data mahasiswa yang “Belum KRS”, “Sudah KRS” seperti tampilan sebagai berikut:

AA

Setelah memilih mahasiswa yang akan divalidasi maka akan muncul seperti tampilan berikut:

AA1

Dosen pembimbing bisa memvalidasi dengan mengklik tanda cetang (v) atau kotak sampah jika akan menghapus. Berikut adalah tampilan dialog box saat melakukan validasi dan sukses.

AA2

lakukan proses ini hingga selesai semua.

7. Penentuan Bidang Minat

Penentuan bidang minat mahasiswa merupakan salah satu upaya menemukan kompetensi mahasiswa sesuai profil lulusan yang sudah ditentukan oleh program studi. Profile Lulusan berpengaruh pada mata kuliah pilihan yang dapat diambil oleh mahasiswa dan penentuan profile lulusan ini hanya dapat dilakukan SATU KALI.

 

Informasi lebih lanjut perihal SIMASTER untuk dosen akan disampaikan pada laman ini.