IMG-20160722-WA0002Sejalan dengan keinginan Pimpinan IDIA Prenduan tentang pengembangan sistem administrasi berbasis IT di lingkungan  IDIA Prenduan, para pemangku amanah di bidang administrasi menyusun roadmap pengembangan sistem administrasi berbasis IT bersama Lembaga Penjaminan Mutu IDIA Penduan dengan menggandeng CV. Media Mandiri, Surakarta, sebagai konsultan dalam pengembangannya.

“Kami berharap tidak hanya data mahasiswa dan dosen saja yang diakomodir oleh sistem, tapi seluruh data dan arsip IDIA Prenduan, harus interkoneksi dalam satu data base” ungkap KH. Ridho Sudianto, M.S.I, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan.

Tahun ini sudah dirancang pengembangan sistem informasi di lingkungan IDIA Prenduan mulai tahun 2016 – 2018. Target awal penerimaan mahasiswa baru (Panrimaba) secara online, pendataan mahasiswa dan dosen, serta pengaktifan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) pada semester genap tahun akademik 2016/2017. Sehingga seluruh data dan administrasi perkuliahan diproses melalui sistem yang menggunakan koneksi internet ini.

Guna mensukseskan rencana ini, Rektorat IDIA Prenduan mengadakan konsolidasi dan sosialisasi pengembangan ini kepada pelaksana teknis di tingkat fakultas dan satuan kerja di lingkuangan IDIA Prenduan, Kamis (21/07/206).

Acara yang dinisiasi oleh LPM IDIA Prenduan ini dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor BAAK, Sekretaris, LPM, Sekretaris-sekretaris  Fakultas, Bagian Akademik, dan Bagian Ketenagaan. Kegiatan ini dimulai dengan pemaparan roadmap pengembangan, presentasi agenda kegiatan, dan penyusunan agenda kerja.

Dalam sambutannya Rektor IDIA Prenduan, KH. Ghozi Mubarok, MA. menyampaikan harapan agar seluruh satuan kerja yang berhubungan dengan data dan administrasi di IDIA Prenduan harus solid dan saling mendukung satu sama lain.

IMG-20160722-WA0001Dalam perencaan kerja Wakil Rektor Bidang Akademik, Ust. Musleh Wahid, M.Pd.I, menyampaikan pentingnya pendataan berbasis IT, dan penerapan SIAKAD secara menyeluruh, sebagai bentuk open management di lingkungan IDIA Prenduan. Dan salah satu usaha menuju IDIA Prenduan sebagai salah satu Perguruan Tinggi Islam terkemuka di Jawa Timur dan Indonesia secara umum.

Di sela-sela rapat penyusunan agenda kerja, Sekretaris IDIA Prenduan menyebutkan bahwa sebenarnya SIAKAD ini bukan hal baru di IDIA Prenduan. Melainkan pengembangan yang sudah dibuat  tahun 2012 dulu oleh alumni IDIA Prenduan tahun 2008, Anwar Dani. Sehingga pelaksana di satuan kerja di lingkungan IDIA Prenduan sudah tidak merasa asing lagi, mungkin hanya menyesuaikan dengan pengembangan sistem dan pola penyimpanan yang berubah dari offline menggunakan online dengan memanfaatkan koneksi internet. (bhr)