dsc_0023Kamis (20/10)-Kesyukuran ke-64 pondok pesantren (ponpes) al-Amien prenduan sumenep dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, salah satu agenda kegiatan dalam kesyukuran tersebut adalah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Nasional. Pimpinan dan pengasuh ponpes al-Amien prenduan KH. Dr. Ahmad Fauzi Tidjani, MA membuka secara langsung kegiatan tersebut yang bertempat di Geserna TMI Putri.

Kegiatan tersebut terselenggara secara khidmat dan sukses pada hari kamis,(20/10/2016) bertapatan pada tanggal (19 muharrom 1438 H). Adapun penanggung jawab kegiatan MTQ tersebut adalah Ustad Akh. Habibi Walidiel Qutub. Kegiatan tersebut diikuti oleh 276 santri, terdiri atas 49 utusan lembaga dari berbagai daerah. Diantaranya, Bogor, Solo, Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso, dan berbagai lembaga pendidikan Islam termasuk didalamnya Ponpes Modern Gontor, dan Pesantren-pesantren yang terletak diwilayah Madura. Ada beberapa kategori dalam lomba MTQ tersebut. Diantaranya  menghafal al-Quran, kaligrafi, dan tilawah. Pesertanya beragam-ragam mulai dari tingkat anak-anak yang umurnya dibawah12 tahun, SMP, hingga SMA.

Peserta dibawah usia 12 tahun berkompetisi dalam hafalan al-Quran 1 juz (juz am’ma/30). Dalam hal ini diraih oleh Nur Adinda Oktavia utusan dari SDN Rong tengah 1 Sampang dengan nilai 96 sebagai juara pertama, adapun juara kedua diraih oleh Reva Hazla KH utusan dari SDN Rong tengah 1 Sampang dengan nilai 96, dan untuk juara ketiga diraih oleh Dewi Aida utusan dari SDN Rong tengah 1 Sampang dengan nilai 90.

Sementara untuk tingkat SMP berkompetisi dalam hafalan al-Quran 15 juz. Dalam hal ini diraih olek Fatimatus Zahro utusan dari MTSN Pandemawu dengan nilai 85 sebagai juara pertama, adapun juara kedua diraih oleh Mahira Fakhira utusan dari PP. Modern Gontor Putri 1 dengan nilai 84, sementara untuk juara ketiga diraih oleh Sholeha utusan dari TMI Al-Amien perenduan dengan nilai 77.

Untuk tingkat SMA/sederajat berkompetisi dalam hafalan al-Quran sebanyak 30 juz. Yang dalam hal ini diraih oleh Azizatun Nurul A utusan dari MA unggulan Nuris Jember dengan nilai 85 sebagai juara pertama, sedangkan juara kedua diraih oleh Rohmatillah utusan dari SMA Plus Miftahul Ulum Sampang dengan nilai 89, sementara untuk juara ketiga diraih oleh Zulfa Himawati utusan dari PP. Modern Gontor Putri 1 dengan nilai 86.

Untuk lomba MHQ 5 juz diraih oleh Alfia Sabila R utusan dari PP. Bustanul Ulum sebagai juara pertama, sementara untuk juara kedua diraih oleh Risma Nadyal Kafi utusan dari PP. Annuqayah Late, dan juara ketiga diraih oleh Sanabila Irfana utusan dari MTS As- Sa’adah. Sementara untuk lomba MHQ 10 juz, diraih oleh Tiwi Alawiyah utusan dari MTA al-Amien sebagai juara pertama, sedangkan untuk juara kedua diraih oleh Wilda Mumtazah utusan dari MTA al-Amien, dan untuk juara ketiga diraih oleh Fadhilah Aulia Fikri utusan dari PP. Modern Gontor Putri 1.

Adapun untuk lomba kaligrafi, para juri memutuskan bahwa dalam lomba ini tidak ada peserta lomba yang benar dalam hal penulisanya sehingga juri memutuskan tidak ada peserta yang menang akan tetapi, juri hanya memberikan penghargaan sebagai keikut sertaan dalam lomba tersebut kepada beberapa peserta.

”kegiatan MTQ ini merupakan bentuk apresiasi kami para penghafal al-Qur’an”. Ucap ustad Qutub. Perlombaan itu juga merupakan rasa syukur atas rahmat Allah kepada al-Amien. Atas rahmat dan berkah itu, pesantren yang berdiri sejak tahun 1952 tersebut bisa bertahan dan mencetak lulusan terbaik.

Lomba MTQ juga sebagai bentuk syiar al-Qur’an kapada umat islam dan mewadahi santri-santri yang memiliki semangat untuk menghafal kitab Allah. Terutama, santri Ponpes al-Amien prenduan yang saat ini menscapai 2000 orang di pondok Tahfidzul Quran.