11

Mahasiswa IDIA Prenduan membaur bersama 7.245 santri lainnya dalam gelaran Apel Tahunan 2016. Apel Tahunan kali ini merupakan Apel Tahunan yang spesial. Pasalnya, kegiatan rutin tahunan Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan ini, dihelat dalam rangkaian Perayaan 64 Tahun berdirinya Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan, terlebih kegiatan ini bertepatan dengan Hari Santri Nasional, 22 Oktober.

Seperti perayaan tahun-tahun sebelumnya, Apel Tahunan diadakan dalam dua agenda besar, yakni upacara dan pawai seluruh penghuni pondok di jalan protokol Kecamatan Pragaan, yang diadakan pada 22-23 Oktober 2016

Pada Upacara Apel Tahunan, Pimpinan Pondok, KH. Dr. Ahmad Fauzi Tidjani, MA dalam sambutannya menyampaikan bahwa perlu ditanamkan keyakinan bahwa sistem pendidikan yang dibangun dan dikembangkan oleh Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan merupakan sistem pendidikan yang baik. Sehingga walaupun ada rongrongan dari dalam maupun luar pondok, akan sirna, disebabkan keyakinan dan keikhlasan serta istiqomah yang sudah menjadi landasan Pondok.

Lebih lanjut, Kiai kelahiran Makkah, 01 Agustus 1976 ini menuturkan bahwa momentum Kesyukuran 64 Tahun Al-Amien Prenduan adalah untuk mengukur loyalitas seluruh kiai, asatidz, alumni, karyawan juga santri, maka untuk itu perlu rasanya semua elemen Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan untuk mengetahui dan mengenal Al-Amien Prenduan lebih dalam.

“Apakah mereka ikhlas atau tidak? Amanah atau tidak? Oleh karena itu, untuk mencapai itu semua, untuk merebut cinta kita kepada Al-Amien, cinta kita kepada Allah SWT, maka wajib bagi kita untuk mengenal Al-Amien yang sebenarnya,” tegas Putra Sulung KH. Moh. Tidjani Djauhari ini.

Gegap gempita perayaan Apel Tahunan semakin terasa, kala memasuki acara penampilan-penampilan santri Al-Amien Prenduan, diantaranya; Tarian Kolosal Rancak, Persilatan, Drum Band Nusantara Al-Amien Prenduan, serta seremonial  Bhineka Tunggal Ika, sebagai perlambang pulau-pulau Nusantara yang terkumpul di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan.

Ust. Musleh Wahid, M.Pd.I, Wakil Rektor I Bidang Akademik, IDIA Prenduan, dipercaya sebagai Ketua Panitia Apel Tahunan kali ini. Dimana dalam pelaksaaannya diwarnai dengan hujan deras, namun hal tersebut tidak menyurutkan santri Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan untuk khidmat dalam mengikuti rangkaian kegiatan tahunan ini.

Pada keesokan harinya, saat Parade Konsulat, ada sesuatu yang menarik. Pasalnya, Parade Konsulat kali ini, merupakan kali pertama diikuti oleh Anggota Ikbal dari berbagai daerah. Hadir dalam kesempatan ini, Ikbal Bangkalan, Sampang, dan Sumenep ikut memeriahkan Parade konsulat ini. Dalam parade ini, santri menampilkan atribut daerah masing-masing dari Sabang sampai Merauke.