Dalam Perguruan Tinggi di Indonesia mempunyai Tri Darma, yaitu Pendidikan, Penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Hal itu tidak bisa dipungkiri dari dunia pendidikan khususnya mahasiswa. Tujuan pemerintah Indonesia yaitu untuk mencetak pemuda penerus bangsa yang berkualitas. Sama hal yang dilakukan oleh mahasiswa/mahasantri IDIA Prenduan. Kemaren (02-03/02/2017) mahasiswa/mahasantri IDIA Prenduan melaksanakan kegiatan  Tadabbur Alam dan Bakti Sosial di desa batu lebar kabupaten sampang dengan penuh antusias dan semangat. Pada acara tersebut dihadiri oleh Saiful Bahri, M.Ud salah satu dosen IDIA Prenduan sekaligus sebagai wakil pimpinan mahasantri IDIA Prenduan.

Saiful Bahri, M.Ud mengemukakan, bahwasanya pendidikan tertua di negara kita adalah pesantren, semua pesantren yang ada di indonesia mempunyai visi dan misi yang sama yakni berdakwah dijalan Allah swt dan mempererat tali persaudaraan sesama umat islam.

“Rosulullah saw telah mengajarkan kepada kita tentang seruan untuk berdakwah di jalan Allah swt dan menyambung tali silaturrahmi kepada saudara sesama muslim. Dakwah Rosulullah untuk menyebarkan agama islam diteruskan oleh para ulama’ tanpa pengurangi sedikitpun dari ajarannya. Dan sekarang tugas kita untuk meneruskan perjuangan Rosullullah dimuali dari aspek pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat”, ujarnya.

Senada dengan hal tersebut, pimpinan pengasuh pondok pesantren Misbahus Shudur Sampang KH. Zarksyi Mustofa, Lc berkata bahwasanya ia bersyukur karna salah satu dari berdakwah dan mempererat tali persaudaraan sesama muslim yakni dengan adanya Bakti Sosial yang diadakan oleh mahasiswa/mahasantri IDIA Prenduan. Dengan adanya acara ini kita tidak akan menghilangkan tugas kita sebagai seorang muslim khususnya seorang da’i.

Sementara itu, dalam acara tersebut mahasiswa/mahasantri IDIA Prenduan juga melaksanakan perlombaan-perlombaan guna untuk memberikan semangat belajar bagi anak-anak di pondok pesantren Misbahus Shudur Kabupaten Sampang.