Sampang, Omben- Desa Meteng menjadi salah satu pusat pelaksanaan Pengabdian Pemberdayaan Masyarakat (P2M) mahasiswi semester akhir Institut Dirosat Islamiah Al-Amien Prenduan. Kedatangan peserta P2M yang terdiri dari dua belas anggota disambut hangat oleh masyarakat setempat

Ucapan terimakasih diungkapakan oleh Aniq Rasyida selaku ketua kelompok mewakili 11 anggota lainnya kepada DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Sampang, H. Moh. Ahmad Fauzan. SH. sekaligus  putra dari Alm. Muhammad Nawawi kepala desa Meteng yang sangat antusias membantu proses berlangsungnya kegiatan. “insyaallah kami akan mendukung dan membantu segala kegiatan peserta P2M selagi bersifat positif”(10/11/21) begitulah ujar H. Moh. Fauzan yang juga merupakan Plt perangkat desa yang menyanggupi proposal program kegiatan.

Melihat kondisi lingkungan masyarakat yang masih sangat minim akan pendidikan, peserta P2M menitik fokuskan pengembangan masyarakat pada bidang pendidikan dengan menerapkan program berbasis ABCD (Asset Based Community Development sesuai ketentuan kampus

Salah satu yang menjadi faktor rendahnya mutu pendidikan di desa Meteng yakni kurangnya minat belajar siswa karena minimnya dukungan dari orang tua. Sehingga Peserta P2M menyelenggarakan kegiatan sosialisasi pendidikan di kalangan masyarakat guna meningkatkan kesadaran akan pentingnya pendidikan.

Selain mengadakan sosialisasi pendidikan peserta P2M juga memanfaatkan beberapa lembaga pendidikan di desa Meteng untuk mangatasi segala permasalahan dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Kedatangan peserta P2M disambut hangat oleh kepala sekolah dalam upaya membantu meningkatkan kualitas pendidikan yang lebih baik. Adapun beberapa program yang dilaksanakan seperti pembelajaran komputer tingkat SD dan SMA, kursus bahasa asing (bahasa inggris dan bahasa arab), belajar mengaji dan berbagai macam program lainnya.