Bangkalan, Dalam rangka mewujudkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Dirosat Islamiyyah Al-Amien Prenduan (FEBI IDIA) melakukan kerjasama dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trunojoyo Madura (FEB UTM) dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (FEBI INSTIKA). Pelaksanaan MoU tersebut dilaksanakan di Universitas Trunojoyo Madura (UTM) pada Kamis (11/11/2021). Hadir dalam acara tersebut Dekan FEBI IDIA Prenduan KH. Dr. Holilur Rahman, M.HI, Ketua Prodi PBS Mujibno, MM dan Ketua pengembangan kurikulum FEBI Zaid Raya Argantara, M.E. Sementara dari UTM dihadiri oleh Dr. Sutikno S.E., M.E selaku Dekan FEB, Wakil Dekan, dan Kepala Inkubator Bisnis. Kemudian dari Instika dihadiri oleh Dekan FEBI Kyai Ahmad Majdi Tsabit, S.EI., MM., Wakil Dekan, Kaprodi Perbankan Syariah, dan Kaprodi Ekonomi Syariah.

“Setiap Fakultas Ekonomi di lingkungan perguruan tinggi pasti memiliki keunggulan masing-masing. Hal ini menjadi aset pengembangan terbentuknya kawasan ekonomi khusus syariah di pulau Madura” ujar Dekan FEBI IDIA Prenduan dalam sambutannya. Lanjut beliau menuturkan “Oleh karena itu perlu sinergitas antara fakultas ekonomi yang berbasis Syariah dengan fakultas ekonomi yang berbasis umum. Adanya Memorandum of Agreement (MoA) Antar fakultas ekonomi ini merupakan tindak lanjut dari kolaborasi menuju aksi. Dalam jangka panjang berharap dengan lahirnya satu daerah kawasan ekonomi khusus syariah di Madura bisa menjadi kawasan eduwisata yang berefek meningkatnya kemakmuran masyarakat. _Man saro ala ad-darbi wasola_ barang siapa yang berjalan di atas jalannya, maka sampai pada tujuan”.

Adanya kerjasama untuk mewujudkan MBKM di antara tiga fakultas tersebut diharapkan program studi yang akan dibuka untuk MBKM dapat terealisasi secara maksimal. Selain dari MBKM kerja sama ini juga tentang review kurikulum yang akan diterapkan, kolaborasi penelitian antar kampus, dan program pengabdian kepada masyarakat.

Sumber: http://febi.idia.ac.id/2021/11/11/febi-idia-kerjasama-dengan-feb-utm-febi-instika/