Perempuan desa memiliki peran dalam meningkatkan tinggi rendahnya perekonomian di kalangannya. Dengan mengasah potensi meluangkan waktu untuk menghasilkan karya unggul, yang mana jika semakin di asah akan bertemu dengan titik positif dari hasil karyanya. Dalam kesibukan menjadi ibu rumah tangga atau kesibukan lainnya bisa sempat meningkatkan penghasilan yang  biasa di sebut dengan ekonomi kreatif.

Ekonomi kreatif adalah penghasilan yang bisa didapat dengan hasil karya pribadi yang bisa di kerjakan hanya dengan selingan waktu senggang bukan sistem kerja tetap. Dari berbagai macam olahan menampakkan kreativitas masing-masing.

Dengan cara program Ekonomi kreatif dapat menyadarkan masing-masing pribadi akan bakat yang harusnya dikembangkan sejak lama.ekonomi Kreatif ini lebih condong pada penemuan ide/inovasi dalam diri.

Peserta p2m IDIA AL-AMIEN PRENDUAN mengadakan Sosialisasi guna segarkan mindset perempuan desa Melalui Pendampingan program Ekonomi kreatif, guna menyadarkan perempuan desa bahwa waktu senggang sangatlah berharga jika hanya terbuang tanpa hasil. Setiap diri pribadi masing-masing memiliki kemampuan dalam menghasilkan karya, dalam bentuk apapun itu .

“Ekonomi kreatif hanya bisa dilakukan oleh anak muda tidak dengan kami yang sudah tua” sanggahan seorang ibu ditengah-tengah sosialisasi.

Jadi dari sanggahan tersebut merupakan  pernyataan seorang ibu yang mana perlu dipahami bahwa pemikirannya kurang luas dalam mengorelasikan dengan keinginannya untuk meningkatkan ekonomi.

“Kita bisa mengkreasikan inovasi yang kita sematkan selama ini untuk meningkatkan ekonomi kita, jadi jangan pernah berfikir  bahwa sulit menghasilkan pendapatan kecuali apabila kita tidak mau bergerak” ujar ketua kelompok p2m  saat sosialisasi ekonomi kreatif.

Sosialisasi ini di adakan karena mayoritas perempuan desa Bira Barat yang hanya berfokus pada satu titik pendapatan. Tidak mengisi waktu luangnya dengan mengunggah kemampuannya dalam berkreasi.

Peserta p2m memberi penerangan dengan kegiatan merajut dan menyulam yang mana kegiatan ini bisa dikerjakan di waktu senggang tidak perlu waktu untuk berfokus ria. 19/11/2021

Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul “Peserta P2M IDIA Al Amien Prenduan Segarkan Mindset Perempuan Desa Melalui Program Pendampingan Ekonomi Kreatif “, Klik untuk baca:
https://www.kompasiana.com/p2midiabirabarat5797/619b0ef5c26b7749904d6de6/peserta-p2m-idia-al-amien-prenduan-segarkan-mindset-perempuan-desa-melalui-program-pendampingan-ekonomi-kreatif-di-desa-bira-barat-ketapang-sampang