Peran perguruan tinggi sangat diperlukan dalam meningkatkan kualitas lulusan yang berpengaruh dalam meningkatkan kesejahteraan dirinya dan masyarakat sekitar, dijelaskan oleh ketua Forum Pimpinan Perguruan Tinggi se-Madura, Dr. Drs. Ec. H. Muh. Syarif, M.S rektor UTM pada rapat kerja di Poltera Sampang, 2 Desember 2021.

Acara dimulai dengan kata sambutan yang diberikan oleh Direktur Poltera (Politeknik Negeri Madura) Sampang, Dr. Arman Jaya S.T., M.T. sebagai tuan rumah pertemuan kedua para pimpinan perguruan tinggi Se-Madura ini. Dalam sambutannya, Direktur Poltera menyampaikan bahwa kerjasama antar perguruan tinggi se-Madura ini sudah dimulai dalam beberapa kegiatan yang dilaksanakan di berbagai perguruan tinggi di Madura. “Prinsip yang perlu dibangun dalam kerjasama ini adalah saling mengisi, saling berbagi, dan saling memudahkan”, ujarnya.

Pertemuan kedua dalam bentuk rapat kerja ini dihadiri oleh 45 pimpinan perguruan tinggi yang berada di kabupaten Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep. Pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya yang dilaksanakan pada tanggal 12 April 2021 di Universitas Trunojoyo Madura. Dr. Drs. Ec. H. Muh. Syarif, M.S (rektor UTM) sebagai ketua forum menguraikan 8 indikator kinerja utama (IKU) yang perlu dicapai dalam pelaksanaan program Kampus Merdeka, yaitu: lulusan mendapatkan pekerjaan yang layak, mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus, dosen berkegiatan di luar kampus, praktisi mengajar di dalam kampus, hasil dosen digunakan oleh masyarakat, program studi bekerjasama dengan mitra kelas dunia, kelas yang kolaboratif dan partisipatif, dan program studi berstandar internasional.

Acara rapat kerja yang dipandu oleh rektor IAIN Madura, Dr. H. Mohammad Kosim, M.Ag., menyimpulkan hasil diskusi dan curah pendapat dari para peserta rapat menjadi tiga hal penting, yaitu:
1. Harapan pada pemerintah daerah di Madura untuk mengoptimalkan kerjasama dengan perguruan tinggi yang ada di Madura dalam menjalankan berbagai program pemerintah daerah.
2. Peningkatan kerjasama antar perguruan tinggi se-Madura dalam melaksanakan tri dharma perguruan tinggi, khususnya pada pelaksanaan kurikulum MBKM (Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka), system penjaminan mutu dan pengawasan internal.
3. Pelaksanaan penelitian dan pengabdian masyarakat akan dilakukan secara kolaboratif dan lebih difokuskan pada wilayah dan potensi Madura.

Rapat kerja ini dinilai penting oleh rektor IDIA Prenduan, Dr. Muhtadi Abdul Mun’im, M.A. agar kita mampu mengorkestrasi seluruh elemen yang dibutuhkan untuk membangun Madura dan masyarakatnya, serta melakukan mobilisasi melalui media-media yang telah tersedia dan yang perlu dikembangkan. Salah satu ikhtiar yang sedang dilakukan para pimpinan perguruan tinggi se-Madura ini meningkatkan kerja-kerja kolaboratif dalam bidang-bidang yang telah ditekuni demi meningkatkan kualitas lulusan, melalui peningkatan kualitas dosen dan mahasiswa.a95c7800-5395-44af-a19c-02f6bff5c000