Al-Amien Prenduan, IDIA – Prof. Dr. H. Muhammad Ali Ramdhani, S.TP., MT., hadir dalam prosesi wisuda IDIA yang ke-XXV, sekaligus mengabarkan bahwa dalam waktu dekat IDIA akan memiliki program pascasarjana. Sabtu (19/3).

“Bagi mereka yang ingin melanjutkan studi S2 jangan jauh-jauh, karena di tempat ini, di Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien, sesaat lagi akan melaksanakan program pascasarjana tersebut.” ungkap Direktur Kabar Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI ini disambut dengan tepuk tangan hadirin

wisuda 22Sebelum memulai orasi ilmiahnya, Guru Besar UIN Sunan Gunung Djati Bandung ini, mengabarkan bahwa dirinya sudah melihat draft SK izin penyelenggaran program pascasarjana PAI IDIA, tapi karena harus melewati prosedur-prosedur dan lain sebagainya, maka insya Allah dalam waktu dekat SK akan terbit.

“Kami berharap dari alumni yang sekitar 270 ini paling tidak 100 langsung ikut pascasarjana di IDIA” imbuh dosen yang pernah menjabat sebagai Wakil Rektor III dan IV UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

| BACA JUGA : Pengasuh Harapkan IDIA Bisa  Selenggarakan Tasyakkur Hifdhil Qur’an Terpisah dari Wisuda Pogram Intensif

Dalam acara tersebut, Prof. Ali berpesan kepada peserta wisuda agar tidak berhenti untuk berproses dalam belajar. Karena belajar merupakan kodrat manusia sepanjang hayatnya, dan apabila mereka berhenti belajar, maka pun telah berhenti menjadi manusia.

“Saya berpesan kepada para wisudawan dan wisudawati, jangan berhenti berproses dalam belajar. Jika kalian berhenti belajar, maka kalian berhenti menjadi manusia. Karena hal yang paling substansif dalam diri manusia adalah kemampuan dalam menggunakan akal” ucap Prof. Ali.

Beliau menekankan kembali agar peserta wisuda benar-benar tidak putus dalam belajar “ada yang perlu anda ingat, mereka yang terpelajar adalah pemilik masa lalu, tapi mereka yang terus belajar adalah pemilik masa depan” imbuh Prof. Ali.

| BACA JUGA: Ketua Senat IDIA: Alumni IDIA Harus selalu Terbuka dan Percaya Diri

Sepanjang sambutannya, Prof. Ali seringkali menyinggung agar menjadi individu yang mampu beradaptasi. Bahkan beliau mengajak seluruh peserta wisuda untuk bersama-sama menjadi bagian dari peradaban.

“Anda yang sudah menyandang gelar sarjana, terlebih dari Al-Amien Prenduan tidak boleh berada di sudut peradaban, harus berada di posisi yang maenstrim. Hal itu  bisa anda lakukan dengan kemampuan beradaptasi” ungkap Guru Besar UIN Bandung ini.

Di tengah sambutan yang disampaikan, Prof. Ali menyapa para wali wisudawan dan menghimbau kepada peserta wisuda untuk terus berbakti kepada mereka. Beliau menyampaikan bahwa kedua orang tualah yang telah berjasa atas pencapaian saat ini.

“Sehebat apapun anda, sedalam apapun ilmu anda, jika tidak berbakti kepada orang tua maka anda bukan apa-apa” tegas Prof Ali.

Akhirnya berharap, mereka yang diwisuda pada hari ini memiliki manfaat bagi masyarakat.

“Terakhir, saya berharap anda menjadi orang yang bermanfaat. Khoirunnasi Anfa’uhum Linnasi” Tutup Prof. Ali dalam sambutannya.