Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan mutu sebuah perguruan tinggi adalah melalui benchmarking. Demikian halnya Fakultas Dakwah Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien (IDIA) Prenduan mengadakan acara Benchmarking, Kamis 14 Juli 2022.

Kegiatan Benchmarking ini dilaksanakan selama dua hari yang dimulai dari tanggal 14 dan 15 Juli 2022. tujuannya adalah untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan yang ada dan mengukur sistem penjaminan mutu di kedua perguruan tinggi. Acara ini diikuti oleh 11 Dosen IDIA Prenduan.

Benchmarking yang pertama bertempat di Ruang rapat lantai II gedung Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah (STIDKI) Ar-Rahmah Surabaya. Hadir dalam pertemuan tersebut, Wakil ketua II, Dekan fakultas, Ketua Program studi, Ketua LPPM dan beberapa dosen serta civitas akademika STIDKI Ar-Rahmah. Rombongan tim IDIA Prenduan dipimpin oleh Dekan Fakultas Dakwah, KH. Dr. Mohammad Fattah, MA. Kedatangan pihak IDIA Prenduan diterima dengan baik oleh jajaran civitas akademika STIDKI Ar-Rahmah.

Wakil ketua II STIDKI Ar-Rahmah Ust. Ahmad Habibul Muiz, Lc, M.Sos, dalam sambutannya menyampaikan salam dan permohonan maaf kepada pihak IDIA Prenduan karena Ketua tidak bisa hadir dalam acara tersebut dikarenakan beliau kurang sehat. Ustadz Ahmad sangat menyambut adanya kegiatan tersebut dan harapannya agar forum ini menjadi tempat diskusi untuk menimba ilmu. Pada kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Dakwah, mengucapkan terimakasih atas sambutannya serta berharap setelah kunjungan ini apa yang diharapkan akan tercapai dan terus bekerjasama, maka dari itu semoga pertemuan ini mendatangkan manfaat.

Forum diskusi ini membahas beberapa hal, diantaranya tentang pengelolaan jurusan seperti proses akreditasi, pengelolaan jurnal, kurikululum MBKM. Kegiatan ini diisi dengan berbagi pengalaman mengenai pengelolaan jurusan yang dimulai dari IDIA dengan menceritakan proses pengelolaan jurnal, begitupun sebaliknya yang dilakukan oleh STIDKI Ar-Rahmah Surabaya.

Kegiatan benchmarking ini berjalan dengan interaktif dan saling memberikan feedback berupa solusi dari tantangan yang dihadapi dalam pengelolaan jurnal baik dari pihak IDIA maupun STIDKI. Pada akhir sesi ditutup dengan pemberian cinderamata dan dilanjutkan dengan dokumentasi bersama.

Pada hari kedua, Jum’at 15 Juli 2022, Insitut Dirosat Islamiyah Al-Amien (IDIA) Prenduan Sumenep melakukan Benchmarking di Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam Institut Agama Isam Negeri (IAIN) Kudus dalam rangka balasan kunjungan IAIN Kudus pada akhir tahun 2021 M ke IDIA Prenduan.

Acara berlangsung mulai pukul 08.15 WIB di Gedung Rektorat Lantai III IAIN Kudus. Prof. Dr. H. Abdurrohman Kasdi, Lc., M.Si. Selaku Rektor IAIN Kudus membuka secara langsung kegiatan tersebut dan sangat menyambut kunjungan ini, “Harapannya nanti akan ada kolaborasi acara antara fakultas dakwah IAIN Kudus dan IDIA Prenduan karena akan banyak hal yang bisa dilakukan dengan MoU. Saya minta maaf tidak bisa mengikuti acara sampai akhir karena ada acara di fakultas lain” tuturnya.

Acara brenchmarking dipimpin oleh dekan fakultas dakwah dan komunikasi Islam (FDKI) Ibu Siti Malina Dewi, S.Sos., M.Si yang baru dilantik menjadi dekan pada 30 Juni 2022. beliau berbagi pengalaman terkait pengelolaan fakultas, akreditasi prodi, pelayanan dosen, pengelolaan jurnal, aplikasi penunjang pembelajaran, dan proses pembuatan prodi baru.

“di IAIN Kudus, dosen dipacu untuk memberikan pelayanan 24 jaum kepada mahasiswa dan tetap mematuhi peraturan. Kami mencegah dan mengantisipasi hubungan dosen dan mahasiswa jangan sampai ada pelecehan” ungkapnya.
Hasil dari berbagi pengalaman ini, terjalin kerjasama dan penandatanganan MoU dan MoA antara Fakultas Dakwah IDIA Prenduan dan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam IAIN Kudus. Acara di tutup dengan pemberian cinderamata dan foto bersama.