Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan (IDIA) sebagai perguruan tinggi yang terus berkomitmen meningkatkan kualitas pendidikan, serta menggalang kemajuan pendidikan guna mencapai kompetensi sumber daya manusia yang unggul dan terealisasinya harapan besar menjadi universitas, sejalan dengan itu, IDIA Prenduan adakan benchmarking ke Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor, Rabu (21/12/22).

Kedatangan rombongan IDIA Prenduan yang terdiri dari pimpinan dan seluruh fungsionaris IDIA Prenduan di sambut baik oleh Rektor UNIDA Gontor, Prof. Dr. KH. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.A.,Ed.,M.Phil. Sebagai awal pembukaaan acara Dr. KH. Muhtadi Mun’im, MA., selaku rektor IDIA Prenduan dalam sambutannya beliau menyampaikan maksud dan tujuan ke UNIDA Gontor, beliau menyampaikan bahwa benchmarking ini diadakan dengan maksud untuk mengaktifkan kembali semangat dan ruh dari apa yang telah diajarkan oleh gontor dari awal perintisan PP. Al-Amien dan lebih khususnya IDIA Prenduan. Selain itu benchmarking tersebut bertujuan untuk mempelajari secara detail sepak terjang UNIDA sehingga berhasil menjadi universitas.
Kemudian acara dilanjutkan dengan sambutan Prof. Dr. KH. Hamid Fahmy Zarkasyi, M.A.,Ed.,M.Phil. selaku Rektor UNIDA menyampaikan tentang pentingnya pondok pesantren memiliki perguruan tinggi. “Pesantren tidak cukup hanya pada pendidikan menengah, tetapi harus mengembangkan kepada perguruan tinggi. Perguruan tinggi pesantren adalah perguruan tinggi holistik karena dia bisa menciptakan manusia menjadi insan kamil” Jelas beliau dalam sambutannya.

Setelah acara pembukaan yang ditutup dengan doa acara selanjutnya dilanjutkan dengan sesi diskusi seluruh fungsionaris IDIA yang di bagi sesuai dengan bagian dan jabatannya. Seluruh fungsionaris idia diberikan kesempatan untuk mempelajari dan menanyakan banyak hal terkait dengan sistem menejemen pengelolaan masing-masing bagian.